Tentang Kami

Latar Belakang

Pesantren Ihya’ Qalbun Salim berbadan hukum Yayasan Ihya’ Qalbun Salim.  Pendirian Yayasan dilakukan di hadapan notaris Taufik Hidayat, SH pada 22 Januari 2008 dan mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 22 Mei 2008 dengan Surat Keputusan No. AHU-2059.AH.01.02 tahun 2008. Anggaran Dasar Yayasan telah dimuat dalam Berita Negara RI sebagaimana mestinya pada 1 Juli 2008. Terdaftar di Pemerintah Daerah DKI Jakarta dengan Tanda Daftar Yayasan No. 08.31.74.06.1001-1294, Yayasan adalah wajib pajak No. 02.654.781.0-016.000.

Misi

Sesuai dengan Anggaran Dasar, tujuan pendirian Yayasan meliputi bidang kemanusiaan, sosial dan keagamaan. Selanjutnya, Yayasan merumuskan bahwa misinya adalah pembinaan kader agama. Secara lebih khusus, misi Yayasan adalah sebagai berikut:

  • menghidupkan syiar Islam melalui kegiatan dakwah yang berkesinambungan;
  • mengkaderkan para pemimpin dan pendakwah; dan
  • mendukung kegiatan-kegiatan sosial dan kemasyarakatan yang berpihak pada perbaikan taraf ekonomi umat Islam.

Visi

Visi Yayasan adalah sebagai berikut:

”Sebuah lembaga pendidikan yang betul-betul dapat melahirkan kader-kader agama yang mampu mewarnai umat menuju pengamalan Islam”

Struktur Organisasi

Berdasarkan Undang-Undang No. 16 Tahun 2001 tentang yayasan (sebagaimana telah diubah oleh Undang Undang No. 28 Tahun 2004), organ Yayasan terdiri dari Pembina, Pengurus, dan Pengawas. 

PEMBINA

Dr. H. Rusli Hasbi, Lc, MA | Hj. Rafiqah Ahmad, Lc, MA

PENGAWAS

Drs. H. Rudy Chairul Lengkong (Ketua) | Hj. Nurasiah Abdullah Banta (Anggota) | H. T. Nurdin Raja Itam (Anggota)

PENGURUS

KETUA:

H. Nasrussalam Zakaria, SE, MS, CPA | Amrizal AB, SE (Direktur Eksekutif)

SEKRETARIS:

Ir. H. Nazief Sarkawi (Sekretaris)| Ichsan Taufiq (Pjs. Sekretaris)

BENDAHARA:

Taufik M. Abubakar (Bendahara Umum) | Ichsan Taufiq (Bendahara Eksekutif)

DIREKTUR:

Amrizal AB, SE (Direktur Eksekutif) | Andi Rachman, MA (Direktur Ma’had)

KOORDINATOR WILAYAH DAN KEPANITIAAN

Ir. H. Bambang Sutadi (Ketua Panitia Pembangunan) | H. Mustafa Kamalullah (Koordinator Cabang Qatar)

Profil Pengurus Inti

Profil Dr. H. Rusli Hasbi, MA

Dr. H. Rusli Hasbi, MA meraih gelar Doktor di bidang Ushul Fiqh di Sudan dan dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (“UIN”) Jakarta. Profil selengkapnya.

Profil Hj. Rafiqah, Lc, MA

Hj. Rafiqah, Lc. MA adalah lulusan Universitas Al-Azhar, Kairo, dan lulusan program Pascasarjana UIN Jakarta, dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan istri Dr. H. Rusli Hasbi, MA.

H. Nasrussalam Zakaria, SE, MS, CPA

H. Nasrussalam Zakaria, SE, MS, CPA adalah manajer dakwah Dr. H. Rusli Hasbi, MA dan University of Houston, Amerika Serikat. Selain sebagai karyawan tetap, dia berusaha di bidang restoran dan usaha penjualan domain online.

Drs. H. Rudy Chairul Lengkong

Drs. H. Rudy Chairul Lengkong adalah ketua Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) dan pernah menjabat Kepala Badan Pengembangan Ekspor Nasional (1987-1996) dan Konsul Jenderal RI di New York (1982-1987). garut-dan-carita-038

Foto atas dari kiri ke kanan: Ir. H. Nazief Sarkawi, Drs. H. Rudy Chairul Lengkong, Dr. H. Rusli Hasbi, MA dan H. Nasrussalam Zakaria.

%d blogger menyukai ini: