Dakwah

Program Bidang Dakwah mencakup enam kegiatan utama:

  1. Kajian rutin Riyadlus Shalihin Jakarta (RSJ);
  2. Pelatihan keagamaan;
  3. Kegiatan mabit dan zikir;
  4. Dakwah melalui situs Internet dengan alamat ruslihasbi.com;
  5. Radio Dakwah; dan
  6. Penerbitan Agama.  

Kajian Islam RSJ

 

Kajian umum di Balai Kajian Islam RSJ diselenggarakan sejak 2002 untuk kalangan dewasa dan tidak mengikat. Pengajian ini terbuka untuk umum dan dilaksanakan untuk pertama kali di rumah pribadi Dr. H. Rusli Hasbi, MA di Mabad, Rempoa, Ciputat. Kegiatan selanjutnya pindah ke Cilandak Barat (RSJ Pusat) pada bulan Mei 2003. Setahun kemudian, RSJ mulai membentangkan sayapnya ke beberapa tempat lain (RSJ Cabang) di Jakarta dan sekitarnya.

 

img_0006_2Di RSJ pusat, kajian umum mengupas tafsir Al-Quran Al-Karim karangan Ibnu Katsir dan kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi. Di RSJ cabang, kajian umum menyajikan materi yang bervariasi namun tidak jauh dari dua sumber utama tersebut. Pengajian menggunakan metode tasmi’ (mendengar) dan diberikan dalam Bahasa Indonesia. Kajian Rabu Malam diasuh oleh Dr. H. Rusli Hasbi, MA, ketua Pembina Yayasan. Bila berhalangan, dia dibantu oleh guru-guru RSJ lain yang sudah berpengalaman dan memiliki kapasitas ilmu yang tidak diragukan.

 

Jadwal Pertemuan

 

Setiap Rabu, jam 19.30 – 21.30 wib

 

Lokasi dan Petunjuk Arah

 

Lokasi pertemuan: Jl. H. Niman No. 7, Lebak Bulus II, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Telp 021 7591 7703. Lahan yang dipakai untuk pertemuan rutin setiap Rabu malam adalah milik Drs. H. Rudy Chairul Lengkong dan keluarga.

 

Kajian umum yang disampaikan Dr. H. Rusli Hasbi, MA juga termasuk ceramah-ceramah undangan, khutbah Jumat, yang materinya disesuaikan dengan kebutuhan. Kajian ini membahas berbagai topik sesuai permintaan atau momentum. Pada peringatan Nuzul Al-Quran, misalnya, Yayasan bisa mengirimkan pembicara untuk menyampaikan pembahasan yang mendalam tentang latar belakang dan hikmah turunnya Al-Quran.

 

Jadwal RSJ Cabang

 

Berikut disajikan Jadwal Kajian di RSJ Cabang. Materi yang disampaikan bervariasi, termasuk kajian Al-Quran, kitab hadis, dan Kitab Riyadhus Shalihin.

 

Mingguan

  • Senin, ba’da Magrib, Mushalla Baiturrahman, Jl. H. Niman RT 07/04, Cilandak Barat, Jakarta Selatan
  • Selasa, ba’da Magrib, Mushalla Fatahillah, Mabad, Jakarta Selatan
  • Jumat, ba’da Magrib, Masjid Al-Muttaqin, Mabad, Jakarta Selatan
  • Jumat, ba’da Isya, Menasah Baro, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 

Dwi-Mingguan

  • Ahad I dan III (atau II dan IV), 7.00-9.00 wib, Komplek Pertamina, Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang

Bulanan

  • Jumat I, 9.00-11.00 wib, Kajian Salsabila, Tebet Timur, Jakarta Selatan
  • Ahad IV, 7.00-9.00 wib, Masjid Ittihad Tebet Mas, Tebet, Jakarta Selatan
  • Kamis I, 19.30-21.30 wib, Mushalla Al-Ikhlas, Pondokgede, Bekasi

Pelatihan-pelatihan

 

Riyadlus Shalihin Jakarta (sebelum Yayasan berdiri) mengadakan pelatihan-pelatihan, seperti pelatihan manasik haji dan umrah (ta’lim 4 kali pertemuan) setiap bulan suci Ramadhan mulai dari tahun 2004. Yayasan juga berencana mengadakan pelatihan keluarga sakinah dan pelatihan tenaga kerja Indonesia yang akan berangkat ke luar negeri. 

 

Mabit dan Zikir

 

garut-dan-carita-041Riyadlus Shalihin Jakarta (sebelum Yayasan berdiri) mengadakan mabit (malam bina iman dan takwa) dan zikir bersama masyarakat (disebut juga Zikir Akbar), umumnya di masjid-masjid. Ciri khas Zikir Akbar RSJ adalah pelaksanaannya di malam hari (sepertiga malam yang terakhir). Kegiatan ini melibatkan masyarakat sekitar dan petugas keamanan setempat sehingga aman untuk dihadiri setiap keluarga. Pada bulan Ramadhan 1427 H, RSJ mengadakan Zikir Akbar di Masjid Baitun Nur dan di Balai Kajian RSJ. Kedua lokasi terletak di Cilandak, Jakarta Selatan.

 

Pada Ramadhan 1428 H, RSJ mengadakan Zikir Akbar di Balai Kajian RSJ dua kali. Pada kali yang kedua, acara tersebut diikuti oleh karyawan dan keluarga PricewaterhouseCoopers Indonesia dan Rabobank Indonesia. Kegiatan ini juga dilangsungkan di luar bulan Ramadhan atas prakarsa jamaah RSJ.

  

Situs Merajut Qalbun Salim 

 

Situs “Merajut Qalbun Salim” sudah aktif sejak 4 Desember 2007 dengan alamat ruslihasbi.com. Saat ini, blog ini sudah mendapat lebih 43.000 hits (kunjungan) dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Singapura, Qatar, Arab Saudi, Malaysia, dan tentu saja Indonesia. Blog/situs tersebut juga bisa diakses melalui qalbunsalim.com. Menurut statistik situs, tidak ada satu hari pun sejak 4 Desember 2007 situs tersebut sepi dari kunjungan. Kunjungan tertinggi terjadi pada 18 Februari 2008 dengan jumlah hits 1.290. Halaman yang paling banyak diminati adalah Tanya Jawab, kemudian berturut-turut Hikmah, Berita, dan Jadwal.

 

Saat ini situs Merajut Qalbun Salim terdiri dari lebih 150 halaman yang terbagai dalam beberapa kategori, seperti Awal (1 halaman), Profil (7 halaman), Berita (6 halaman), Jadwal (3 halaman), Hikmah (29 halaman), dan Tanya Jawab (lebih 100 halaman). Salah satu kelebihan dari situs ini adalah fasilitas “memberikan komentar” yang kami jadikan formulir untuk tanya-jawab. Pembaca dapat mengajukan pertanyaan tentang berbagai masalah agama dengan mengisi formulir yang disediakan. Seperti ditunjukkan oleh jumlah halaman dalam kategorinya, lebih 100 pertanyaan sudah dilayani.

 

Situs Merajut Qalbun Salim disajikan dalam dua bahasa (bilingual), yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan dimutakhirkan (update) secara rutin. Update dilakukan sekurang-kurangnya satu minggu sekali, atau lebih sering lagi, dengan tujuan agar pengunjung tertarik untuk kembali.  

 

Radio Dakwah

 

Radio Qalbun Salim akan mengudara pada gelombang FM, tergantung kondisi teknis dan keuangan pada saat tersebut. Studi kelayakanlah yang nantinya akan menentukan bentuk dan isi Radio Qalbun Salim. Secara umum, muatan dakwah akan mendominasi radio ini.

 

Penerbitan Agama

 

Buku Rekonstruksi Hukum Islam - Bagian IIYayasan akan menerbitkan buku-buku dan materi keagamaan lainnya. Buku-buku yang akan diterbitkan terdiri dari buku-buku ilmiah, bukan buku fiksi. Materi keagamaan lainnya terdiri dari Compact Disc (CD), Video Compact Disc (VCD) dan Digital Versatile Disc (DVD) yang menyajikan materi-materi ilmiah dan dakwah. Keuntungan yang diperoleh dari kegiatan ini akan digunakan untuk mensubsidi penerbitan materi agama yang merugi tetapi bernilai strategis untuk pembinaan umat.

%d blogger menyukai ini: