Usaha

Dalam jangka panjang, target Yayasan juga meliputi Bidang Ekonomi/Usaha. Bidang ini  mencakup biro haji, kerajinan wanita muslim, penerbitan dan sebagainya. Kegiatan di bidang ini dimaksudkan sebagai sumber pendanaan yang berkelanjutan untuk biaya operasional dua bidang program lainnya di samping sebagai lowongan berusaha/bekerja bagi jamaah. Dengan demikian, Yayasan diharapkan mandiri dalam hal pendanaan dan jamaah pun mendapat manfaatnya.

 

Biro Perjalanan Haji

 

Biro Perjalanan Haji bekerja sama dengan Iskandaria Tours & Travel (Iskandaria) yang sudah memiliki izin resmi. Saat ini Yayasan bisa menampung pendaftaran jamaah haji dan umrah, baik reguler maupun plus, untuk diteruskan dan dikelola bersama-sama dengan Iskandaria. Dalam jangka panjang, Yayasan akan mengurus perizinan yang diperlukan agar bisa mandiri dalam penyelenggaraan bisnis berbasis ibadat ini. Manajemen biro perjalanan haji dan umrah tersebut akan diserahkan kepada kalangan profesional dan pembukuan serta keuangannya dipisahkan dari induk Yayasan.

 

Kerajinan Wanita Muslim 

Pusat Kerajinan Wanita Muslim mengembangkan berbagai usaha kecil, antara lain kerajinan tangan untuk ibu-ibu. Produksi mereka mencakup kerajinan bordir, pakaian muslimat/ mukenah, dan lain-lain.Yayasan menyediakan fasilitas, modal dan pelatihan kepada peserta yang memenuhi syarat. Mereka direkrut dari jamaah dan masyarakat sekitar Yayasan.

 

Bidang Usaha Lainnya

 

Sesuai dengan perkembangan, Yayasan akan menjajaki berbagai bidang usaha lainnya dalam rangka memenuhi kebutuhan pendanaan operasional jangka panjang. Strategi yang ditempuh berupa kerja sama dengan pemodal dan profesional, sehingga Yayasan tidak menanggung risiko bisnis seluruhnya dan pada saat yang sama mendapat keuntungan dari kehadiran kalangan profesionalisme. Tidak tertutup kemungkinan, bidang-bidang usaha yang akan dipelajari termasuk usaha perdagangan, industri, dan pertanian.

%d blogger menyukai ini: